Recovery Data-Photo-Gambar pada Memory Card


Saat ini media penyimpanan berupa chip telah banyak digunakan, baik berupa flash disk atau dalam bentuk memory card, bahkan untuk beberapa perangkat digital seperti kamera digital, atau ponsel. Namun bagaimana bila data yang tersimpan di memory card tadi terhapus, baik secara sengaja maupun tidak. Apalagi kalo data tersebut adalah photo yang punya kenangan tersendiri, tentu saja moment tersebut sulit atau bahkan tidak bisa diulangi kembali.

Sekarang tidak perlu panik, karena data-data tersebut bisa diambil kembali dengan sebuah aplikasi CardRecovery. Aplikasi ini sangat sederhana dan cukup efektif dalam mengembalikan file-file gambar/photo yang tersimpan dalam sebuah memory card HP, digital camera serta media lainnya, dan untuk menjalankannya pun cukup mudah.

Selain mempunyai kemampuan untuk mendeteksi file gambar yang terhapus di memory card atau flash disk, tapi dia juga mampu mengembalikan file gambar pada harddisk. Untuk mendapatkan aplikasi ini, sobat bisa mendownload-nya disini Download CardRecovery V.3.60 Build 1012 setelah itu install program aplikasi tadi ke PC, dan ikuti beberapa langkah dibawah ini.

1. Saat pertama menjalankan CardRecovery, akan langsung menuju pada Welcome. Klik saja langsung pada step-1, Pada bagian ini sobat bisa menentukan lokasi drive dari memory card, flash atau media penyimpanan lainnya yang akan direcovery, merk kamera dan type file-nya, serta drive/folder tujuan tempat data  hasil recovery akan disimpan. Bila ingin merecovery data yang tersimpan pada memory card, tancapkan memory card tadi ke card reader, lalu tekan tombol Refresh. Bila pada komputer tidak tersedia card reader, kamu bisa menancapkan langsung kamera tersebut ke PC, nantinya PC akan mengenali media penyimpanan yang terdapat pada kamera dan dikenali sebagai removable disk. Hal ini juga berlaku untuk ponsel yang mempunyai slot ekspansi. Untuk flash disk, sobat tinggal mencolokannya ke koneksi USB. Setelah terdeteksi, sobat tinggal menentukan drive-nya saja.

Clip_2  
2. Selanjutnya, klik Next untuk lanjut pada Step-2, disini sobat akan ditanya seputar Stotage Size Detection atau kapasitas memory card, yang pada kasus tertentu pula tidak dapat terdeksi, maka sobat bisa langsung menyesuaikan-nya, tetapi kalo secara otomatis telah terdeksi langsung saja tekan OK, dan selanjutnya tekan Next untuk proses Scan.

Clip_3tunggulah beberapa saat sampai proses Scan selesai. Waktu yang dibutuhkan untuk menscan tergantung dengan besarnya kapasitas memory card/flash disk itu sendiri.
Clip_4

3. Setelah selesai proses scan, ada rekomendasi untuk tekan/klik Next, untuk lanjut pada Step-3, kemudian tekan Preview untuk melihat hasil photo/gambar dalam mode Thumbnail yang terhapus pada memori card, pilih select all untuk memilih semua file yang akan direcovery/dikembalikan atau dapat dipilih secara manual terserah sobat.

Clip_5

4. Langkah terakhir adalah melakukan Restoring dengan langsung mengklik Next untuk memulai proses RECOVERY, tunggu beberapa saat sampai proses selesai (Completed).
Clip_6

Dengan langkah – langkah yang relatif mudah, sobat tidak perlu khawatir kehilangan gambar foto yang terhapus dalam memory card, terutama kamera digital.

moga bermanfaat…

2 Balasan ke Recovery Data-Photo-Gambar pada Memory Card

  1. awan mengatakan:

    registration keynya apa gan

  2. refanet mengatakan:

    langsung pake aza gan! enjoy… gak perlu reg key2-an he..he.. ma’nyus kok…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: